Kloning

Selasa, 26 Februari 2013
Pengertian Kloning

Kloning kata berimbuhan dari kata dasar Klon yang berasal dari bahasa Yunani klόόn yang artinya tunas.
Kloning adalah tindakan menggandakan atau mendapatkan keturunan jasad hidup tanpa fertilisasi, yaitu dengan cara mengambil sel dari induk sehingga didapat keturunan yang mempunyai susunan (jumlah dan gen) yang sama dan kemungkinan besar mempunyai fenotib yang sama.
Kloning bisa dilakukan pada berbagai jenis makhluk hidup termasuk manusia. Kloning manusia adalah teknik membuat keturunan dengan cara menggunakan sel tubuh selain sehingga hasil keturunanya mempunyai kode genetik yang sama dengan induknya yang berupa manusia.



Jenis –jenis Kloning
Berdasarkan pengertian kloning tersebut diatas, maka Kloning dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
1.        Kloning DNA rekombinan  ] Kloning ini merupakan pemindahan sebagian rantai DNA yang diinginkan dari suatu organisme pada satu element replikasi genetik, contohnya penyisipan DNA dalam plasmid bakteri untuk mengklon satu gen.
2.        Kloning Reproduktif  ] Merupakan teknologi yang digunakan untuk mendapatkan keturunan yang sama persis dengan induknya dengan suatu teknik yang disebut SCNT (Somatic Cell Nuclear Transfer).
3.        Kloning Terapeutik  ] Merupakan suatu kloning untuk memproduksi embrio manusia sebagai bahan penelitian dalam ilmu pengobatan. Tujuan utama dari proses ini bukan untuk menciptakan manusia baru, tetapi untuk mendapatkan sel batang yang dapat digunakan untuk mempelajari perkembangan manusia dan penyembuhan penyakit.


Proses kloning manusia 


•  Mempersiapkan sel stem : suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. Sel ini diambil dari manusia yang hendak dikloning.
•  Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipisahkan dari sel.
•  Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari sukarelawan perempuan kemudian intinya dipisahkan.
•  Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur
•  Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan. Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio.
•  Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.
•  Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor.



Proses kloning Pada Domba Dolly

•  Tahapan - tahapan daripada kloning adalah sebagai berikut, pertama - tama ilmuan akan mengambil sel telur dari domba A, dan sel somatik (sel tubuh) dari domba B.
•  Kemudian, nukleus dari sel telur domba A dihilangkan, dan Nukleus dari sel somatik domba B diambil kemudian nukleusnya tersebut di transplantasikan ke sel telur domba A yang sudah tidak berinti tadi sehingga sel telur tersebut mempunyai inti lagi dari inti sel somatik domba B.
•  Kamudian, sel telur tadi akan berkembang menjadi embrio dan setelah menjadi embrio maka embrio tersebut akan ditanam ke rahim domba A. Ketika anak domba hasil kloning tadi lahir, maka anak domba tersebut akan sama persis dengan B.



Proses Kloning Pada Tikus


•  Percobaan ini dilakukan dengan mengambil sel telur tikus betina setelah hewan itu kawin.
•  Lalu inti sel telur atau inti sel spermatozoid dikeluarkan salah satunya sebelum bergabung. Maka sel telur sekarang hanya akan mempunyai satu inti saja, inti sel telur atau inti sel sperma.
•  Kromosom kemudian akan dirangsang sehingga akan membelah. Sel telur akan memiliki sel kromosom lengkap yang semuanya berasal dari salah satu induk.
•  Setelah itu embrio akan tumbuh dan ditanamkan pada rahim tikus betina.

Discribetive Text | Questions

Sabtu, 23 Februari 2013

Although a jaguar (1) .... live in Asia, it is famous there because there is a car named after the animal. It can stated in some points.
2) .... belongs to the cat family. It is one of the four big (roaring) cats along with the lion, the tiger and the leopard. Because it has spots, a jaguar is often mistaken for a leopard. However, a jaguar has larger rossete markings, a stronger body and a short tail. The jaguar 3).... brownish-yellow in colour and has spots on the head.
Jaguars 4).... in a variety of locations. The rain forest and wet grasslands of Central and South America from the habitat of the jaguar.
The jaguar is an/a 5).... hunter. While the other three roaring cats kill their prey by biting it at the neck, the jaguar kills its prey by biting it through its skull. It usually kills small animals for food but can attack and kill cattle or deer.


1.      A.  do not
      B. does not
      C. are not
      D. did not
      E. have not

2.      A. The cat
      B. I
      C. The human
      D. The jaguar
      E. The lion

3.      A. has B. are C. is D. have E. am

4.      A. live B. lived C. life D. came E. come

5.      A. fast B. excellent C. dangerous D. harmful E. sweet


Suramadu Bridge
The Suramadu Bridge (Indonesian: Jembatan Suramadu), also known as the Surabaya–Madura Bridge, is a bridge with three cable-stayed sections constructed between Surabaya on the island of Java and the town of Bangkalan on the island of Madura in Indonesia. Opened on June 10, 2009, the 5.4-km bridge is the longest in Indonesia and the first bridge to cross the Madura Strait.
The cable-stayed portion has three spans with lengths 192 m, 434 m and 192 m. The bridge has two lanes in each direction plus an emergency lane and a dedicated lane for motorcycles. The first toll bridge in Indonesia, fares have been initially set at Rp. 30,000 (US$3 in 2009) for four-wheeled vehicles and Rp. 3,000 (US$0.30) for two-wheelers.
The bridge was built by a consortium of Indonesian companies PT Adhi Karya and PT Waskita Karya working with China Road and Bridge Corp. and China Harbor Engineering Co. Ltd. The total cost of the project, including connecting roads, has been estimated at 4.5 trillion rupiah (US$445 million).
Construction was started on August 20, 2003. In July 2004, a girder collapsed, killing one worker and injuring nine others. Work on the bridge halted at the end of 2004 due to lack of funds, but was restarted in November 2005. The main span of the bridge was connected on March 31, 2009, and the bridge was opened to the public in June 10, 2009.Within a week of the opening, it was discovered that nuts and bolts as well as maintenance lamps had been stolen and that there was evidence of vandalism of cables supporting the main span.

5.   Suramadu’s bridge also known as….
a.   Longest bridge
b.   sura and madu
c.   Surabaya-Madura bridge
d.   toll bridge
e.   overpass

6.   Suramadu’s bridge connects the island….
a.   Java and Sumatra
b.   Java and Bali
c.   Sumatra and Kalimantan
d.   Java and Madura
e.   Correct all

7.   Length of the Suramadu’s bridge is….
a.   5.400 meters
b.   192 meters
c.   494 meters
d.   526 meters
e.   nothing is true

8.  The following statement is true, except ....
a.   Suramadu’s bridge is also known Surabaya-Madura bridge
b.   the long of Suramadu’s bridge is 5400 meters
c.   suramadu’s bridge connects the islands of Java and Madura
d.   bridge was opened on March 31, 2009
e.   car charged at 30000 rupiahs

9.   When the bridge was built?
a.   March 31, 2009
b.   August 20, 2003
c.   July 2004
d.   June 10, 2009
e.   November 2005

10.  Suramadu’s bridge have … tracks in one way.
a.   2
b.   3
c.   4
d.   5
e.   6


TRY IT IF YOU CAN!

Procedure Text | Questions


The following text is for questions number 1 to 5.
Pineapple Stew
Ingredients:
1 pineapple cut into dices
3 glasses of water
1 glass of granulated sugar

Directions:
1. Boil water until boiled.
2. Then add sugar, cinnamon, and clovers.
3. Bring it to boil and add the pineapples.
4. Wait until you can smell the pineapple.
5. Remove from heat and serve cold.

(Source: BSE, Scaffolding English for Grade IX Students)

1. The recipe tells you how to make ….
A. ingredients
B. dice
C. granulated sugar
D. pineapple stew

2. What ingredients are needed to make pineapple stew?
A. Dice, glass, sugar
B. Pineapples, water, sugar
C. Glass, water, sugar
D. Pineapples, dice, water

3. How much sugar do we need?
A. 1 glass
B. 3 glasses
C. 1 cup
D. 3 spoons

4. When do we have to stop boiling the pineapple?
A. When the water is boiled
B. After sugar, cinamon, and clovers are added
C. When we smell the pineapple
D. After we remove the stew from heat

5. How should you serve the pineapple stew?
A. It is served cold
B. It is served hot
C. It is served raw
D. It is served uncooked

6.What is the correct arrangement of the following sentences?
1.      Cook over medium-high heat until the hard-crack stage on a candy thermometer.
2.      Combine the granulated sugar, light corn syrup and water in a heavy saucepan.
3.      Sprinkle a thick coat of powdered sugar on a cookie sheet.
4.      Sprinkle with more powdered sugar.
5.      Pour onto the cookie sheet.
6.      Cut with kitchen shears as soon as cool enough to handle.
7.      Remove from heat.
8.      Add the peppermint oil. Stir well.

A.  8-2-7-1-6-3-5-4
B.  3-2-1-7-8-5-4-6
C.  3-7-2-1-8-5-4-6
D.  4-3-7-2-1-8-5-6
E.   3-2-1-7-5-8-4-6

The following text is for questions number 7 to 10.
First, cut the avocado into halves take out the seed.
Second, pick the avocado flesh with spoon. Put it into the blender, pour the sugar and the water too.
Third, blend it well for two minutes.
Fourth, pour the juice into the glass and give some chocolate milk on it. Now the “Milkavo” is ready for you.

7. How many kids of material do you need to make juice?
a. One  b. Two   c. Three   d. Four

8. How much sugar do you need to make three glasses of “Milkavo” juice?
a. Three tablespoons   
b. Six tablespoons   
c. Nine tablespoons
d. twelve tablespoons

9. What material is not put in the blender?
a. Sugar b. Milk c. Water d. Avocado

10. Here are the tools we need in the text, except …
a. Knife b. Straw c. Blender d. Pan

Recount Text | Question


Bus was Flowing Right Behind Me

I 1).... a night at Sakhuwa of Gati VDC 2)..... a landslide near Baseri had blocked the road, The next morning, I hopped onto the bus with registration number Ba 2 Kha 4013 that was on the way to Barhabise from Tatopani.
I 3)..... a seat by the doorside and remember that there 4).... around 35 passengers, including 5)..... . The driver 6)..... the bus. A kilometer into the journey, I noticed a ditch on the road.
7).... tried to avert the ditch. Before I could know what was going on, the bus started hurtling towards the Bhotekoshi.
I had given up hope of surviving, 8).... found a ventilator glass broken. I came out of the shattered glass and plunged into the Bhotekoshi.
The river 9)..... me for about 35 kilometers and left me on the shallow surface. I passed out after that. The rescuers took me to a 10)..... when I regained consciousness.
I heard later that all except four passengers had survived. I have sustained injuries on the face, hands and other body parts. Nonetheless, I feel that surviving was my destiny.

Question
1.    A. stay
B. arrived
C. had arrived
D. had stayed
E. stayed 

2.    A. but
B. because
C. and
D.  after that
E.  then

3.    A. took
B. take
C. taken
D. give
E. gave

4.    A. was
B. am
C. were
D. are
E. is 

5.    A. us
B. me
C. you
D. mine
E. them

6.    A. went
B. start
C. started
D. gone
E. go

7.    A.I
B.The engineer
C.The rescuers
D.The driver
E. The passenger

8.    A. but
B.  because
C.  and
D.  after that
E.  then

9.    A.got
B.carry
C.carried
D.gave
E.give

10. A. post office
B. house
C.mosque
D.station
E.hospital



TRY IT IF YOU CAN !!!

Kumpulan Soal Bhs. Indonesia

Sabtu, 16 Februari 2013
Kompetensi Dasar
Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi.


 Indikator
1. Menentukan kalimat resensi
2. Menentukan kalimat kritik
3. Menentukan kalimat esai


Menentukan kalimat resensi
1.    Judul  : Bekisar Merah (novel)
Pengarang  : Ahmad Tohari
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993

      Novel ini mengambil kisah dari kehidupan yang sederhana. Lewat simbolisasi bekisar merah, Tohari berusaha memotret perbedaan kehidupan pedesaan dan perkotaan. Perbedaan tersebut diperlihatkan melalui tokoh-tokohnya.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan karya tersebut adalah ....
a.  Dari segi bahasa, Tohari menggunakan bahasa yang lugas, akan tetapi istilah-istilah kedaerahan yang sering muncul membuat novel ini sulit dipahami, terutama oleh pembaca non-jawa.
b.  Yang menarik dari novel ini adalah kemampuan pengarang dalam menampilkan potret kehidupan yang sederhana yang dekat dengan kita menjadi sesuatu yang bermakna.
c.  Novel Bekisar Merah ini merupakan karya Ahmad Tohari yang pernah dimuat sebagai  cerita bersambung dalam harian kompas.
d.  Tokoh utama novil ini, Lusi dilukiskan mengenal dua alam kehidupan, yaitu kehidupan desa dan kota.
e.  Dalam novel ini tampak ada semacam ada konsep kesederhanaan yang ditawarkan  dalam kisahnya.



2. Seseorang dalam mengarungi kehidupan di dunia ini harus berjalan sesuai dengan jalan hidup dan tatanan hidup bagi manusia agar memperoleh kebahagiaan dan tidak tergelincir dalam kenistaan. Seperti sebuah kereta api yang sedang berjalan, harus melalui rel yang sudah ditentukan agar bisa lancar dan sampai tujuan dengan selamat.

Kesimpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah .....
a. Dapat dijelaskan bahwa berjalan di jalan yang lurus adalah kebenaran.
b. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa setiap orang mempunyai jalan hidup sendiri-sendiri.
c. Jadi, bahagia dan sengsaranya seseorang dalam mengarungi kehidupan ini tergantung dari usahanya sendiri.
d. Dengan demikian, perjalanan hidup seseorang diibaratkan perjalanan kereta api harus berjalan pada relnya afar selamat.
e. Jadi, keselamatan seseorang tergantung pada mutu orang tersebut seperti kereta api berjalan.



3. Tingginya angka buta huruf warga jombang ini terutama warga usia 15 tahun ke atas. Penyebab utama buta huruf di usia ini di samping masalah ekonomi juga lantaran drop out. Data yang dilansir di Dinas Pendidikan Jombang menyebutkan penyandang buta aksara di Jombang tahun 2007-2008 sejumlah 3.486 orang 15 - 45 tahun. Seluruhnya belum mengenyam pendidikan sama sekali.
Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah ...
a. Tingginya angka buta huruf menjadi  permasalahan Dinas Pendidikan Jombang
b. Banyak warga Jombang yang belum mengenyam pendidikan.
c. Masih banyak warga Jombang yang buta huruf.
d. Karena faktor tertentu ada sejumlah warga jombang yg belum pernah mengenyam pendidikan.
e. Jadi secara otomatis sejumlah 3.486 warga Jombang buta huruf.



4. Mengenai produk garmen di Indonesia para ahli mengatakan bahwa mutu garmen jepang memang sedikit lebih baik, sebab tenaga kerjanya lebih berpengalaman dan dibayar mahal. Akan tetapi masalah ini bukanlah masalah yang terlalu prinsip. Kalau industri Indonesia mau maju dan aktif, dalam waktu singkat pasti akan dapat menggeser posisi jepang, sebab fasilitas di Indonesia banyak yang menunjang, seperti upah tenaga kerja yang murah.
Simpulan paragraf di atas adalah ...
a.  Produk garmen Indonesia lebih baik dari produk garmen Jepang selama ini.
b.  Produk garmen Jepang lebih baik dari prodok garmen Indonesia selama ini.
c.  Indonesia akan dapat mengeser posisi Jepang apabila Industri garmen mau lebih aktif dan memanfaatkan fasilitas secara maksimal.
d.  Fasilitas yang ada di Indonesia banyak menunjang industri terutama garmen.
e.  Industri di Jepang saat ini paling banyak memasok peralatan industri di Indonesia.



5.  Judul  : Dengan Semangat Berkobar: Nasionalisme dan Gerakan Pemuda di Indonesia, 1918-1930
Pengarang  : Hans, van Miert
Penerjemah  : Sudewo Satiman
Penerbit  : Hasta Mitra, Pustaka Utan Kayu, KITLV, Cetakan 1, April 2003
    Buku ini menuturkan hasil penelitian Hans van Miert, seorang sejarawan kelahiran Veghel, Belanda, yang memperdalam pengetahuannya mengenai sejarah Hindia Belanda di Jurusan Sejarah pada Katholieke Universiteit Nijmegen. Di sini digambarkan gerakan etnik dan pemuda di Hindia Bela: jauh sebelum lahir kesepakatan nasionalisme Indonesia yang di perjuangkan oleh kelompok nasionalis moderat, sekalipun mendapat tentangan dari pemerintah kolonial, gerakan radikal dan ciri regional masing-masing kelompok. Buku ini di hiasi dokumentasi yang lengkap dan pustaka rujukan dalam catatan kaki yang memperjelas sejarah nasionalisme dan gerakan pemuda di Indonesia.


Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan karya tersebut adalah ...
a.     Penulis lebih banyak membahas kelompok nasionalis Indonesia di Jawa dan Sumatera, seperti Jong Java, Jong Sumatera, Boedi Oetomo, dan Comite voor het Javans Nationalisme yang dikenal sebagai kelompok nasional Indonesia moderat.
b.     Buku ini menuturkan hasil penelitian Hans van Miert, seorang sejarawan kelahiran Veghel, Belanda, yang memperdalam pengetahuannya mengenai sejarah Hindia Belanda di Jurusan Sejarah pada Katholieke Universiteit Nijmegen.
c.     Buku ini menggambarkan gerakan etnik dan pemuda di Hindia Bela: jauh sebelum lahir kesepakatan nasionalisme Indonesia yang di perjuangkan oleh kelompok nasionalis moderat, sekalipun mendapat tentangan dari pemerintah kolonial, gerakan radikal dan ciri regional masing-masing kelompok.
d.     Hal yang menarik dalam buku ini adalah kelengkapan dokumentasi dan pustaka rujukan dalam catatan kaki yang memperjelas sejarah nasionalisme dan gerakan pemuda di Indonesia.
e.     Buku yang terdiri dari 12 bab ini dibuka dengan latar belakang sosial dan budaya kaum nasionalis di Jawa dan Sumatera berikut pembentukan dan perkembangan awal nasionalisme di Hindia Belanda.


Menentukan kalimat kritik

1)  …
       Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemerisik adalah aku, yang menghantarkan panas dan angin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiiran segar yang mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebuun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan laying-layangku kepadamu, kepada kalian.
      …
  (Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan cerpen tersebut adalah ….
a.  Danarto dikenal sebagai penulis cerpen yang religius, tercermin dalam tokoh cerpen yang telah ditulisnya.
b.  Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk  memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambing.
c.   Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya.
d.  Cerpen Danarto pada umumnya beraliran religius sesuai dengan latar belakang pendidikan beliau.
e.   Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk  memahami isi cerpen.



2)  Pemerintah ingin tetap konsekuen menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Bila harga BBM di tingkat internasional menurun, pemerintah baru akan mengambil kebijakan menurunkan harga BBM bersubsidi di dalam negeri sesuai tingkat yang wajar. Langkah ini ditempuh untuk meringankan beban masyarakat.

Kritik terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
a. Sudah kewajiban pemerintah untuk menurunkan harga.
b. Pemerintah harus konsekuen menurunkan harga.
c. Pemerintah tak perlu menunggu untuk menurunkan harga.
d. Sudah sewajarnya pemerintah menurunkan harga.
e. Sudah saatnya pemerintah memakai harga BBM internasional.



3) Cermati penjelasan mengenai karya sastra berikut!
     Dalam buku antologi berjudul Nostalgi = Transendensi karya Toeti Heraty Noerhadi sepintas lalu terkesan puisi yang mudah dipahami, bahasanya enak, dan setiap kata dalam urutan larik disusun enteng seperti mengalir begitu saja. Tetapi, apa yang kita dapati pada puisi Wanita, Dua Wanita, Jogging di Jakarta, dan Balada Setengah Baya. Berisi protes atau bahkan gugatan keras terhadap citra wanita yang dalam kacamata laki-laki selalu ditempatkan sebagai interior. Yang menarik, penyair terkesan sekadar merekam atau memotret tanpa pretensi apa-apa, hanya menyampaikan fakta, pemandangan kita sehari-hari, padahal ia merupakan bagian dari kehidupan keseharian kaum wanita


Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
A.  Pembahasan ringkas puisi-puisi Toeti Heraty Noerhadi ini tentu saja sangat memadai dan bukankan memang demikian seharusnya dalam proses kreativitas.
B.  Pada saat tertentu penyair menempatkan dirinya selaku subjek dan pada saat yang lain sekaligus juga sebagai objek, meski yang diamati kepedihan dirinya.
C.  Kadangkala, sebuah puisi berbaik hati membukakan jalan yang agak berkelok-kelok dan memberi pencerahan menuju kepada pemahaman makna.
D.  Hampir semua puisinya enak dibaca tetapi kita akan terkejut betapa derasnya pertanyaan menerjang manakala kita berusaha memahami pesan dan maknanya.
E.  Membaca dan mencoba mencermati antologi ini kita seolah-olah dibawa arus besar yaitu kegelisahan seorang pencari yang berjumpa dengan yang dicari.



4) Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Begitulah maka aku pun pernah jadi buah harap mereka. Buah cakap yang manis didengar dari gadis dan ibu-ibu di kampong. Tiap kali kalau kebetulan aku lewat di muka rumah mereka, dari celahcelah kerai menjeling beberapa mata jelita. Dan tak jarang aku dapat gangguan ibu-ibu yang suka menyindir. Tapi, aku yang masih terlalu muda, tak mungkin sanggup memikirkan hal-hal yang sulit itu. Lagi pula ayahku (pentolan Serikat Islamnya Tjokroaminoto yang tergolong progresif) tak suka pada fiil macam itu.
Sumber : Djamil Suherman, “Jadi Santri
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah
a. Cerpen sulit dipahami karena bahasanya berbelit-belit dan mementingkan keindahan.
b. Penyajian konflik dalam cerita dilakukan secara tersirat, yaitu melalui pikiran-pikiran tokoh.
c. Cerpen itu kurang menarik karena menggunakan akuan‟ yang jarang ditemukan dalam cerita lain.
d. Cerpen tersebut sulit dipahami karena memakai kata progresif dan banyak kata asing lainnya.
e. Latar yang tidak jelas membuat cerpen tersebut tidak menarik si pembaca dan tidak bermakna.

12)Ketika guru dan murid-murid telah membiasakan belajar dialam terbuka, melihat tukang kebun itu bekerja sendirian, semua mendekat.


“jaring itu untuk apa pak?”
“untuk menjaring malaikat.”
“malaikat?”
“benar.”
“Boleh kami bantu pak?”
 “boleh. Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggu jaring ini.”
“kenapa mesti ditunggu?”
“sebentar lagi jibril akan gentayangan terperangkap jaring ini.”

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah...
a. Isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya.
b. Cerita yang menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan penulis.
c. Cerpen Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
d. Penggunakan dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
e. Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik.



Menentukan kalimat esai

1) Cermatilah kutipan esai berikut!
Membaca cerita-cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun, kita pasti akan menemukan gaya penulisan dan tema yang khas. Baik dalam cerita pendek maupun novel, tema kepenulisan Hary tidak jauh dari persoalan asmara yang dikerucutkan lagi kepada kesetiaan. Bukan tema perselingkuhan yang kini banyak disergap beberapa novelis terkemuka. Namun karena arus cerita mengalir dengan indah maka pembaca akan menemukan kekuatan narasi, sehingga pembaca akan terbuai dengan menjelajahi alinea demi alinea. Satu hal lagi yang akhir-akhir ini mewarnai cerita-cerita Hary, adalah persoalan lingkungan, terutama hutan dan sungai.

Masalah yang diungkapkan dalam esai tersebut adalah…
a. Tema penulisan Hary berkisar pada persoalan Asmara, kesetiaan atau perselingkuhan yang sedang yang sedang marak digandrungi para penulis terkemuka.
b. Cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun, memiliki gaya penulisan dan tema yang khas dan disukai berbagai kalangan, terutama dalam sajiannya.
c. Bila cerita mengalir dengan indah maka pembaca akan menemukan kekuatan narasi.
d. Kepenulisan Hari B. Koriun berkisar pada persoalan asmara baik dalam cerita pendek maupun novel dan persoalan lingkungan.
e. Yang penting, akhir-akhir ini yang mewarnai cerita-cerita Hary adalah persoalan lingkungan terutama hutan, sungai, dan sebagainya.


2) Bacalah paragraf esai berikut ini!
Siapa yang tidak ingin bekerja? Orangtua membiayai anaknya sekolah sampai tingkat tinggi, bahkan kalau mampu, hingga bertitel professor doctor. Tujuannya agar dapat bekrja dan mencari nafkah. Akantetapi, jika si anak sekolahnya gagal, orang tua pasti marah dan kecewa. Bukankah orang tua rela membiayai pendidikan agar anaknya hidup bahagia?

Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah …
a. Para orangtua menginginkan anak mereka bersekolah agar mudah mendapat pekerjaaan.
b. Orang tua pasti marah dan kecewa jika anaknya gagal sekolah.
c. Setiap orang tua pasti ingin anaknya bersekolah dan bertitel.
d. Orang tua rela membiayai pendidikan anaknya agar mencapai gelar yang tinggi.
e. Salah satu upaya untuk mencapai kebahagiaan dengan bersekolah dan bekerja.



3) Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!
Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya, Secara sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang di bagian tubuh mana pun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis, terkena paru-paru, dan akan menjadi bronkitis.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah . . . .
a. infeksi yang menyerang otak manusia
b. infeksi yang mengenai paru-paru manusia
c. kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia
d. infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu
e. antibiotik yang diproduksi dari tumbuhan tingkat tinggi
4) Latar sosial dan budaya yang disuguhkan oleh S.M. Ardan dalam Terang Cerita memperlihatkan lingkungan urban Betawi di Jakarta seperti lingungan di sekitar Senen, Stasiun Gambir, Kwitang, Tanah Abang, dan Harmoni. Apabila kita pinjam terminologi Keith Foulcher dalam talaahnya tentang lenong, kita pun dapat mengatakan bahwa Ardan menekankan bagian community dari lingkungan metropolis yang disebut Jakarta.
Hal yang di ungkapkan dalam kutipan esai tesebut adalah...
a. S.M. Ardan menulis Terang Cerita berisi tentang telaah terhadap lenong Betawi dan penduduknya.
b. Keith Foulcher menympaikan telaah tentang lenong Betawi sebagai kesenian tradisional
c. Suasana daerah urban Betawi di Jakarta Stasiun Gambir, Kwitang, Tanah Abang.
d. Menggambarkan lingkungan metropolis Jakarta yang diwakili oleh daerah urban Betawi.
e. Terang Cerita menggambarkan latar belakang sosial dan budaya kaum urban Betawi yang beragam



5)   Berbicara tentak masalah saja, kita sering menjumpai kata-kata mentah, gagal sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Mungkin lantaran penulisnya belum mahir dalam teknik menulis sajak. Kemungkinan kedua kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh perhatian pada filsafat, atau memang usianya belum memungkinkan untuk berkecimpung dalam dunia filsafat. Realita yang terdapat dalam dirinya belum sanggup ia kaitkan dengan realita di luar karena usianya masih muda remaja.

Kalimat simpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah ….
a. Banyak karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.
b. Karya sastra yang berkualitas  terlahir dari sastrawan yang berpengalaman.
c. Penulis sajak yang berkualitas memerlukan penghayatan.
d. Ilmu filsafat sangat menentukan kualitas karya sastra yang dibuatnya.
e. Penulis sajak harus mahir dalam teknik menulis sastra


Untuk mendapat kumpulan soal yang lainnya, bisa download Kumpulan soal-soal berikut. click here!