Pages

Senin, 11 Maret 2013

Formula dan Fungsi dalam MS. EXCEL

FORMULA
Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda +, -, *, /, dan ^.
1) Operator Matematika
Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan( = ),dan setelah siap memasukkan rumus harus menekan Enter 
Ex.= 500 + 350 (lalu tekan enter)
= 256 – 128 (lalu tekan enter)
= 64 * 2 (lalu tekan enter)
=512 / 4 (lalu tekan enter)
=8^3 (lalu tekan enter)
=5% (lalu tekan enter)
2) Operator Perbandingan
Untuk membandingkan 2 buah nilai. Hasilnya adalah TRUE atau FALSE, dengan kata lain nilai benar atau salah, diantarnya =, >, <, >=, <=, <>.
3) Operator Acuan
untuk menggabungkan sel-sel yang terdapat dalam sebuah rumus.
Diantaranya titik dua, koma, dan spasi.
a)Titik dua (:) adlh menggabungkan pada semua sel diantara 2 buah sel. 
Misal, =SUM(A2:A6) untuk mengacu pada sel A2 sampai A6.
b)Koma (,) atau (;) adlh mengacu pada 2 buah selang sel. 
Misal,  =SUM(A2:A6,B3:B7) atau =SUM(A2:A6;B3:B7) mengacu pada sel A2 sampai A6 dan sel B3 sampai B7.

FUNGSI

Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan istilah-istilah statistik, dan logika.
FUNGSI STATIS
1) Fungsi Sum(.......)
Fungsi  Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range.
Bentuk penulisannya :   = SUM(number1, number2, ……) 
Ex :   = SUM(4,8,9) → Tekan Enter
 
2) Fungsi Product(…….)
Fungsi  Product digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu range.
 Bentuk penulisannya :      
=PRODUCT(number1, number2,….)
Contoh : =PRODUCT(4,5,2) → Tekan Enter


3) Fungsi Max(.......)
Fungsi  Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
Contoh : =MAX(14,25,21) → Tekan Enter
 
4) Fungsi Min(.......)
Fungsi  Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah :
=MIN(number1, number2,……)
Contoh : =MIN(40,5,2)  → Tekan Enter

5) Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata.
Bentuk penulisannya adalah :
=AVERAGE(number1, number2,…) 
Contoh : =AVERAGE(10,5) → Tekan Enter


FUNGSI LOGIKA
1) Fungsi IF
Memilih antara 2 kemungkinan atau lebih dari perbandingan logika yang diberikan
Bentuk Umum :
=IF(logika, perintah-1, perintah-2)
Contoh :  =IF(B4>65.9,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
jika isi sel B4 lebih besar dari 65.9 cetak kata LULUS, tetapi jika sel B4 lebih kecil atau sama dengan 65.9 cetak kata TIDAK LULUS

2) Fungsi AND
Menghasilkan TRUE jika semua argumen bernilai benar(TRUE); menghasilkan false jika satu atau lebih argumen salah
Bentuk Umum: =AND(X1,X2,X3….)
X1,X2,X3 : kondisi yang akan diuji atau alamat sel yang mengandung nilai logika yang menhasilkan nilai benar(true) atau salah (false).
Contoh :
Jika sel B1=TRUE, sel B2=FALSE, sel B3=TRUE
= AND(B1:B3) à False
=IF(AND(rata-rata>=65, rata-rata<=90,”LULUS”,”GAGAL”)
Hal ini berarti jika rata-rata sebesar 65 dinyatakan LULUS, jika rata-rata 64.5 maka dinyatakan GAGAL


3) Fungsi HLOOKUP (X,Y,Z)
Mencari nilai dalam suatu tabel atau digunakan untuk membaca tabel secara horisontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset baris yang akan dibaca.
X :   kunci pembacaan tabel yaitu kesamaan antara tabel   anak dan tabel induk dimana tabel induklah yang harus   menyesuaikan dengan tabel anak.
Y :   nama range yang akan dibaca. Dalam pemberian   nama   range, judul kolom tidak diikutkan. Judul kolom harus   diurutkan secara menaik atau ascending.
Z :   nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada   baris data.


4) Fungsi VLOOKUP(X,Y,Z)
Digunakan untuk mencari nilai dalam suatu kolom tabel atau untuk membaca tabel secara vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset kolom yang akan dibaca.
X :   kunci pembacaan tabel
Y :   nama range yang akan dibaca, dan harus dalam keadaan   urut secara menaik atau ascending.
Z :   nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada   kolom data.


FUNGSI TEXT
1) Fungsi LEFT
Mengambil beberapa huruf suatu teks dari posisi sebelah kiri
Bentuk Umum : =LEFT(X,Y)
X :   alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
Y :   jumlah atau banyaknya karakter yang diambil
Contoh:
=Left(“Madcom”,3)
---> ”Mad”
Jika sel C2 berisi teksMadcoms”,
=Left(C2,5)
---> Madco

2) Fungsi RIGHT
Mengambil beberapa huruf suatu teks dari posisi sebelah kanan
Bentuk Umum : =RIGHT(X,Y) 
X :   alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
 Y :   jumlah atau banyaknya karakter yang diambil

3) Fungsi MID 
Mengambil beberapa huruf suatu teks pada posisi tertentu
Bentuk Umum :=MID(X,Y,Z)
X :   alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
Y :   Posisi awal karakter
Z :  jumlah atau banyaknya karakter yang diambil
Contoh:
=MID(“Madcom”,2,4) ---> adco
Jika sel C2 berisi teksMadcom”,
=Left(
C2,4,3) ---> "com"

4) Fungsi CONCATENATE
Menggabungkan beberapa teks dalam suatu teks
Bentuk Umum : =CONCATENATE(X1,X2,X3…)
Contoh:
=Concatenate(“
Total”,”Nilai”) ---> TotalNilai
sel C2 berisi teksMadcoms
Sel C3 bernilai teksMadiun
sel C4 berisi Nilai 53246.
maka :
=Concatenate(c2,”-”,c3,” Telp.”,c4) 
---> Madcom-Madium Telp. 53246
alamat sel atau teks yang penulisanya diapit dengan tanda petik ganda
Y :   jumlah atau banyaknya karakter yang diambil
Contoh:
=RIGHT(“Madcom”,3)
  ---> ”com”
Jika sel C2 berisi teksMadcom”,
=Left(c2,5)
  ---> adcom

1 komentar: