Pentingnya Sistem Pernapasan

Jumat, 19 Oktober 2012
Pentingnya Sistem Pernapasan
Kita bernapas bukan hanya untuk menghirup udara saja, tapi kita bernapas untuk mengambil oksigen bebas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bukan hanya kita, tapi makhluk hidup di bumi ini juga memerlukan oksigen untuk bertahan hidup.
Mengapa oksigen sangat penting bagi kita? Itu karena, oksigen sangat diperlukan dalam proses pertukaran gas dalam tubuh. Dan proses pernapasan itu juga dapat berlangsung dengan didukung oleh adanya sistem pernapasan yang terdiri dari beberapa organ. Seperti yang telah dituliskan oleh Eko Setianingsih (2010:205) dalam bukunya yang berjudul BIOLOGY sebagai berikut.
“Bernapas adalah proses pengambilan oksigen dan udara. Proses ini dapat berlangsung dengan didukung oleh adanya sistem pernapasan yang terdiri atas beberapa organ, salah satunya adalah paru-paru. Melalui proses ini, oksigen bebas yang berada di udara dapat masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi, oksigen yang kita ambil tidak dapat langsung mencapai sel-sel di seluruh bagian tubuh dan digunakan untuk oksidasi.”1
Pengambilan udara dari lingkungan berbeda-beda setiap jenis makhluk hidup. Akan tetapi, pengambilan udara oleh makhluk hidup dibedakan menjadi dua secara langsung dan secara tidak langsung.
Seorang penulis dalam bukunya yang berjudul BIOLOGI Bilingual, menyatakan : “Pengambilan udara secara tidak langsung terjadi pada makhluk hidup yang sudah mempunyai alat pernafasan khusus, sedangkan pengambilan udara secara langsung terjadi pada makhluk hidup yang belum mempunyai alat pernafasan khusus.”2(Nurhayati, 2008 : 258).
Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki caranya sendiri dalam pengambilan udara, tetapi memiliki fungsi dan tujuan yang sama pentingnya.

Catatan Kaki :
1Eko Setyaningsih, BIOLOGY Bringing Science to Your Life (Jakarta: Bailmu, 2010), hal. 205.
2 Nunung Nurhayati, Biologi Bilingual (Bandung: Yrama Widya, 2008), hal. 258.


Daftar Pustaka :
Setianingsih, Eko.2010.BIOLOGY Bringing Science to Your Life SMA/MA.Jakarta : Bailmu.
Nurhayati, Nunung.2008.BIOLOGI Bilingual.Bandung : Yrama Widya.

0 komentar:

Posting Komentar